Macintos (Mac OS) dan Linux

Mas OS (Machintos Operating System) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Machintosh dan tidak kompatitabel dengan PC berbasis IBM.

Mac OS X (dibaca Mac OS Ten) sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, dimana versi ini adalah penerus sistem operasi yang digunakan sebelumnya Mac OS 8 dan Mac OS 9.
Beberapa orang membaca sebagai huruf "X" yang terdengar "ex". Salah satu alasan mengapa mereka menafsirkan sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis UNIX dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).

Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi server ini mirip dengan versi standarnya, dengan perbedaan, bahwa versi sever cukup mencakup perangkat lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh vitur tambahan yang tersedia dalam virus ini adalah perangkat lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP, dan DNS.

Mac OS X adalah sistem operasi (System Operating) yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan dan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.
Rilis terakhir Mac OS ini diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4.


Tux si pinguin adalah maskot resmi Linux
Linux
Linux atau GNU adalah sistem operasi bebas yang sangat populer untuk komputer. Istilah GNU atau Linux juga digunakan sebagai rujukan kepada seluruh distro Linux (Linux Distribution) yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi.
Contoh program tersebut adalah

  • server web
  • bahasa pemrograman
  • basis data
  • tampilan desktop
  • aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org, KOffice.
Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi populeritas sehingga lebih populer dari versi UNIX yang menggunakan lisensi dan berbayar maupun versi UNIX bebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi. Linux mendukung  banyak perangkat keras komputer dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer dan sistem benam (embedded system) seperti telepon seluler (ponsel) dan perekam video pribadi.
Berikut ini beberapa kelebihan Linux:

  • Penggunaan antarmuka grafis (GUI)
  • Adanya kemudahan dalam pemakaian (user friendly)
  • Biaya rendah
  • Keamanan data dijamin
  • Tidak tergantung pada vendor

0 komentar:

Posting Komentar

KURS MATA UANG

SMS GRATIS

Diberdayakan oleh Blogger.

MP3 MUSIK

Join our Community

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini

GPRS

') }else{document.write('') } }