Sistem Operasi

Sistem operasi adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program pengolah kata, program pengolah angka dan browser web.

Biasanya sistem operasi berupa software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Kalau sistem operasi terbagi dalam lapisan-lapisan maka sistem operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Sistem operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan bersamaan dengan lancar.

Sistem operasi menjamin aplikasi software lainnya dengan menggunakan memori melakukan input output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file.
Apabila sistem opersi sistem berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi mengatur jadwal yang tepat sehingga sedapat mungkin semua prosesor yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan processor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Sistem operasi ada yang mempunyai sifat multiuser atau multitasking. Suatu sistem operasi bersifat multiuser berarti sistem operasi tersebut dapat digunakan oleh banyak prngguna.
Suatu sistem bersifat multitasking berarti seistem tersebut dapat melakukan banyak tugas atau perintah dalam waktu bersamaan.

Fungsi dari suatu sistem operasi adalah:

  • Mengendalikan kegiatan komputer
  • Menetukan perilaku komputer dalam mengenali data, memproses dan menampilkan hasilnya.
  • Manajemen folder dan file.
Perangkat lunak sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi, yaitu
  1. Sistem operasi berbasis teks adalah suatu sistem operasi yang menggunakan teks sebagai sistem.
    Sistem operasi yang termasuk dalam jenis ini adalah MS-DOS dan UNIX.
  2. Sistem operasi berbasis unit grafis antarmuka (GUI) adalah suatu sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antarmuka. Sistem operasi yang termasuk berbasiskan GUI antara lain Microsoft Windows, Macintossh, Linux.

0 komentar:

Posting Komentar

KURS MATA UANG

SMS GRATIS

Diberdayakan oleh Blogger.

Join our Community

Pengikut

') }else{document.write('') } }