Memori Komputer

Memori atau lebih tepat disebut memori fisik merupakan istilah generik yang merujuk pada penyimpanan data sementara di komputer. Setiap data yang sedang diproses oleh processor akan disimpan di dalam memori fisik.
Data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya listrik (dengan kata lain masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan data yang disimpn dalam memori fisik akan hilang.
Oleh karena itulah sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam harddisk atau flopy disk).
Sehingga data tersebut dapat dibuka kembali dilain kesempatan.

Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memori (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM).
Mengapa disebut Random Access ? karena akses terhadap di lokasi-lokasi di dalamya dapat dilakukan secara acak (random) bukan secara berurutan (sekuensial) .
Meskipun demikian, kata ramndom access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah.
Sebagai contoh memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulis sewaktu-waktu.
Selain itu juga harddisk merupakn salah satu media penyimpanan yang dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.

Tentang RAM sudah dijelaskan di postingan-postingan sebelumnya.


Penggunaan Memori:
Komponen utama dalam sistem komputer adalah Arithmetic and Logic Unit (ALU), Control Circuirty, Storage Space dan piranti Inpu/Output.
Tanpa memori komputer hanya berfungsi sebagai piranti pemroses sinyal digital saja. Contohnya kalkulator atau media player Kemampuan memori untuk menyimpan data, instruksi dan informasilah yang membuat komputer dapat dikatakan multifungsi (general purpose). Komputer merupakan pirani digital, maka informasi disajikan dengan sistem bilangan binear (binary).
Teks, gambar , angka, suara dan video dikonversikan menjadi sekumpulan bilangan biner (binary digit atau disingkat bit). Sekumpulan bilangan biner dikenal dengan istilah BYTE, dimana 1 byte=8bits.
Semakin besar ukuran memori-nya maka semakin banyak pula infomasi yang dapat disimpan di dalam komputer (media penyimpanan).

0 komentar:

Posting Komentar

KURS MATA UANG

SMS GRATIS

Diberdayakan oleh Blogger.

Join our Community

Pengikut

') }else{document.write('') } }