Harddisk

Harddisk merupakan salah satu perangkat yang tidak terpisahkan dalam sistem komputer masa kini. Mulai dari komputer personal (PC) hingga mesin sekelas mainframe dan superkomputer menggunakan perangkat harddisk sebagai media penyimpanan datanya.
Asal muasal kata hard disk, hard artinya keras dan disk artinya piringan/cakram. Jadi harddisk adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpanan data secara permanent sesuai dengan perintah yang dilakukan oleh system operasi.

Harddsik dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu:
  • Kecepatan : dinyatakan dengan ukuran RPM (Rotation Per Minutes) 
Kecepatan mempengaruhi kinerja harddisk dalam hal pengaksesan data, ada 2 parameter yang biasa digunakan untuk menentukan kecepatan debuah harddisk, yaitu:
  1. Seek Time : (selang waktu yang dibutuhkan antara waktu CPU meminta sebuah file dengan waktu byte pertama terkirim ke CPU. Besaran yang umum berkisar pada 10 hingga 20milisekon.
  2. Data Rate : jumlah byte per detik yang dapat diantarkan ke CPU. Besaran satuannya megabyte perdetik. Berkisar antara 5 hingga 40 megabyte perdetik.
Sehingga semakin cepat putaran harddisk maka akan semakin cepat akses datanya.
  • Kapasitas : dinyatakan melalui satuan byte.
Ukuran yang paling sering dipakai dalam menilik sebuah harddisk adalah seberapa besar kapasitasnya. Harddisk yang terpasang pada komputer masa kini umumnya memiliki kapasitas mulai dari puluhan hingga ratusan gigabyte.
  • Interface : SCSI (Small Computer System Interface), IDE (Integrted Drive Electonics)/PATA (Paralel ATA), SATA (Serial ATA).
SCSI (Small Computer System Interface) adalah standar yang menghubungkan peripheral ke komputer dengan interface yang memakai perintah SCSI (SCSI Command). Banyak digunakan untuk server atau sitem yang memerlukan transfer data yang sangat cepat. Harddisk ini sangat mahal sehingga tidak ekonomis untuk digunakan sebagai harddisk personal.

ATA singkatan dari Advanced Technology Attachement merupakan suatu design antarmuka (interface) harddisk yang terintegrasi controller di dalamnya, sehingga dapat meningkatkan kecepatan akses, mampu memberikan informasi karakteristik harddisk untuk keperluan plug and play. 

PATA (Parallel Advance Technology Attachement ).
Nama ini resmi disandang sejak hadirnya SATA , dimaksudkan untuk menandakan perbedaan diantara keduanya (dahulu hanya disebut ATA). Disebut Parallel ATA karena pemasangan harddisk dengan sistem ini dilakukan dengan 1 port IDE secara parallel. Kabel data yang dibutuhkan mencapai 40 kabel yang membuatnya tidak praktis, serta memiliki panjang kabel interface maksimal 18 inci (46cm). Keterbatasan ini menjadikan PATA hanya sebagai interface internal storage dan harga lebih murah.

SATA (Serial Advance Technology Attachement).
SATA dilengkapi dengan dengan teknologi NCQ (Native Command Queuing) penyesuaian dari TCQ (Tag Command Queuing) yang digunakan pada harddisk SCSI. Teknologi ini menjadikan kinerja SATA lebih efisien sehingga dapat menjaga umur harddisk lebih lama (awet) dan akses data jauh lebih cepat dibanding dengan PATA. Dengan kedua teknologi tersebut SATA dimungkinkan menjadi interface eksternal (eSATA) dan tanpa meniggalkan fasilitas hot plug untuk menjadikan harddisk sebagai removeable storage.

Harddisk terdiri dari beberapa bagian, seperti Logic board, motor, interface slot, read-write head, Platter, and body.
Logic board akan mengatur kerja harddisk, sesuai deng perintah dari sistem operasi, yaitu untuk mengatur kecepatan putaran motor dan gerak read-write head sesuai dengan lokasi penempatan data.
Penyimpanan data pda permukaan Platter, yaitu piringan yang terbuat dari aluminium yang telah dilapisi bahan magnetic. Permukaan Platter yang akan menyimpan data dalam Track (sepanjang keliling piringan, piringan terdiri dari beberapa track) dan sector.
Setiap track akan dibagi menjadi beberapa sector. Setiap sector akan berisi byte dalam jumlah yang tetap, misalnya 128 byte atau 256 byte. Data merupakan rangkaian pola byte.
Read-write head yang akan membaca dan menulis data pada harddisk serta menyampaikan informasi kepada Logic Board selanjutnya akan disampaikan ke CPU melalui interface.

Perkembangan Harddisk saat ini sangat cepat, dalam hal kapasitas di masa sekarang ini yang saya tahu telah mencapai kapasitas sebesar 1 terabyte. Contohnya 1,5 terabyte(Seagate Barracuda  7200.11.1,5TB) dan 2 terabyte (WD20EADS) yang menggunakan teknologi Perpendicular Magnetic Recording (PMR) menggunakan 5 buah plat magnetic yang masing-masing berkapasitas tertentu misalnya 200GB untuk kapasitas total 1 terabyte.

Untuk kecepatan akses data menggunakan cache memory sebesar 32MB dan didukung dengan transfer rate sebesar 150Mbyte per second serta kecepatan putaran 7200 RPM dengan antarmuka SATA, seperti harddisk keluaran Hitachi Dekstar 7K1000 yang berkapasitas 1 TB(tera byte).
Hitachi Dekstar 7K1000













Selain harddisk dengan kapasitas besar dan kecepatan akses yang tinggi juga berkembang harddisk dengan ukuran yang relative kecil, contohnya harddisk eksternal keluaran Vantec Nexstar NST-350U2/UF
Vantec Nexstar NST-350U2/UF
 dan NST-250U2/UF dengan ukuran 3,5 inci dan 2,5 inci dengan interface USB 2.0 dan USB 2.0-Firewire.
NST-250U2/UF

0 komentar:

Posting Komentar

KURS MATA UANG

SMS GRATIS

Diberdayakan oleh Blogger.

MP3 MUSIK

Join our Community

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini

GPRS

') }else{document.write('') } }